Follow me for TWITTER @TuLIPBerhasil

Follow me for TWITTER @TuLIPBerhasil

Minggu, 06 September 2009

TPM #39: Pillar 6, Quality Loss Function - Genichi Taguchi

TPM #38: PILAR ke 6, Quality Maintenance System ‘Hinshitsu Hozen’

Bagian 3: Quality Loss Function


Quality Loss Function (Fungsi Kerugian Mutu) adalah fungsi parabolik dari kerugian mutu yang terjadi ketika satu nilai (karakteristik) mutu menyimpang dari nilai target. Grafik parabolik tersebut menunjukan quality loss karena specifikasi berada diluar target (meskipun produk tersebut dapat diterima oleh pelanggan).


Fungsi kerugian mutu pertama kali diperkenalkan oleh : GENICHI TAGUCHI.


Contoh :

  • Tahun lalu perusahaan mendapatkan Klaim dari pelanggan (rata-rata) = 10 klaim per bulan.
  • Target klaim untuk tahun ini adalah ~ 5 klaim per bulan.
  • Bulan lalu karena adanya kerusakan salah satu fungsi mesin produksi, perusahaan mendapatkan klaim sebanyak 20 klaim.
  • Biaya untuk perbaikan klaim tersebut ~ rata-rata adalah $ 100 dan biaya kehilangan potensi penjualan sebesar $ 1,000.
  • Total biaya klaim adalah $ 1,100.
  • Kerugian akibat klaim tersebut adalah :

K = 1,100 / 5^2 = $ 44


L (y) = 44 (20 – 10)^2 = $ 4,400

1 komentar:

  1. bukankah shrsnya L(y)= 44 (20 - 5)^2 = $ 9,900
    karena t(target)nya kan sebesar 5, bkn 10.
    tks.

    BalasHapus