Follow me for TWITTER @TuLIPBerhasil

Follow me for TWITTER @TuLIPBerhasil

Rabu, 30 September 2009

TPM #46: PILAR ke 7, Penerapan Office TPM begitu sederhana

TPM #46: PILAR ke 7, TPM in SUPPORTS Department (OFFICE TPM)

Bagian 2: Menerapkan OFFICE TPM dengan sederhana dan benar

Hal-hal sederhana yang dapat dijadikan acuan improvement:
  • Banyaknya reject paper di mesin photo copy
  • Mapping aktivitas dan pemetaan Value Added & Non-value Added activity. Membuat matrix, bagan dan lead timenya. Lakukan improvement untuk mempersingkat lead time
  • Diagram informasi dan memotong birokrasi yang tidak bermanfaat
  • Menilai tingkat kepuasan pelanggan, customer complain dan index customer service level (termasuk Ontime delivery)
  • Kesalahan dalam invoicing
  • Monitor fix cost dan variable cost (office supplies dan biaya-biaya lainya meskipun kecil tetapi itu tetap pemborosan)
  • Pemanatauan terhadap pemakaian biaya komunikasi dan kurir service

Gunakanlah prianti Visual sebagai alat monitoring, penandaan dan panduan. Hal ini akan memudahkan pekerja untuk mendapatkan panduan dalam bekerja benar dan biaya yang efektif. Contoh: Visual documentation, Safety ditempat kerja, photo copy yang benar, print-out yang benar, dll.

Office TPM improvement focus pada:

1. Tema tindakan yang jelas dengan tujuan yang jelas dan terukur

2. Identifikasikan hubungan dan mengisolasi masalah

3. Identifikasi dan membuat skala prioritas tindakan perbaikan

4. Memformulasikan tindakan dan memonitor pencapaian secara berkala

5. Melakukan pengulangan setiap keberhasilan untuk bagian lain dan membakukannya


Contoh checklist pada penerapan Office TPM:

1) Apakah ada barang yang terhampar di lantai?

2) Apakah ada barang yang tersimpan di bawah tangga?

3) Apakah barang yang disimpan adalah masih digunakan dalam waktu 3 bulan?

4) Apakah setiap kali memerlukan dokumen dapat menemukannya dalam waktu 3 menit?

5) Apakah banyak kertas bekas?

6) Apakah meja kerja bebas dari debu?

7) Apakah susunan dokumen dan alat kerja diatas meja tertata rapih dan benar?

8) Apakah barang didalam laci adalah barang yang berguna dan tertata dengan benar?

9) Apakah papan tulisnya, papan tempel, pigora, gambar dan lemari tersusun dengan benar, rapi dan bersih?

10) Apakah jendela dan korden bersih dan rapih?

11) Apakah ada panduan visual? Telah benar terpasang dan dijadikan panduan kerja?

12) Apakah gambar dan tempelan yang ada sesuai dengan budaya dan rencana kerja perusahaan?

13) Apakah tanaman yang ada dirawat dengan baik dan benar?

14) Apakah kursi dan meja ruang tamu bersih?

15) Apakah jalur komunikasi dalam konsidi terjaga dan terawatt?

16) Apakah lantai bersih dan tidak ada yang rusak?

17) Apakah semua pintu pintu memiliki identitas? Kondisi baik? Kunci yang mudah ditemukan?

18) Apakah bebas dari serangga dan tikus?

19) Apakah kantin dalam kondisi bersih, baik, nyaman dan terawat?

20) Apakah Toilet dalam kondisi bersih, benar, nyaman dan terawat?

21) Apakah alat kebersihan terjaga dan terawat?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar