Follow me for TWITTER @TuLIPBerhasil

Follow me for TWITTER @TuLIPBerhasil

Minggu, 06 September 2009

TPM #38: PILAR ke 6, Istilah dalam Quality Management System

TPM #38: PILAR ke 6, Quality Maintenance System ‘Hinshitsu Hozen’

Bagian 2: Istilah-istilah dalam Quality Management System


Quality Management System (QMS) adalah kegiatan atau aktivitas yang terstruktur dan terkoordinasi untuk mengarahkan dan mengendalikan suatu organisasi berkenaan dengan system mutu tertentu seperti : Quality Management System pada ISO 9001 :2008, ISO 14001, OHSAS 18001 atau QS 9000 (ISO 16949).


Quality System adalah kegiatan mutu yang digerakan oleh organisasi yang struktur, adanya petanggung jawaban yang jelas, prosedure kerja yang baku, proses yang terkendali (terjaga dan disyahkan) dan adanya sumber daya (4 M = Man, Machine, Method, Materials) untuk mengimplementasikan kegiatan mutu tersebut.


Quality Manual adalah pedoman mutu yang didokumentasikan untuk memenuhi persyaratan pokok QMS.


Quality Policy adalah kebijakan mutu yang dimaksudkan untuk mengarahkan organisasi (kegiatan mutu) secara formal untuk mencapai sasaran mutu yang diekpresikan secara formal oleh Pimpinan Perusahaan kepada seluruh bagian organisasi.


Quality Objective adalah sasaran mutu yang harus dicapai dalam implementasi kegiatan QMS.


Quality Planning adalah bagian dari manajemen mutu dengan fokusk pada penetapan sasaran mutu, perincian proses kerja (operasional) yang diperlukan dan sumber-sumber daya terkait dengan pemenuhan sasaran mutu QMS.


Quality Audit adalah audit mutu yang merupakan tinjauan indipenden dan dilakukan untuk membandingkan beberapa aspek kinerja mutu dengan suatu standar untuk kinerja tersebut.


Quality Auditor adalah seseorang yang dilatih untuk melakukan kegiatan Audit Mutu.


Quality Surveillance adalah pengawasan mutu secara kontinu dan verifikasi status prosedur, metoda, kondisi, produk, proses (jasa atau produksi) dan analisa rekaman untuk memastikan bahwa persyaratan mutu telah dipenuhi dengan benar.


Manajemen Review adalah tinjauan manajemen secara formal dan terstruktur oleh para manajer yang dihadiri oleh Pimpinan Perusahaan untuk membahas status kecukupan system mutu dan implementasinya.


Quality Assurance adalah jaminan mutu yang merupakan bagian dari manajemen mutu berfokus pada penyediaan keyakinan bahwa persyaratan-persyaratan mutu akan dipenuhi sesuai dengan standar mutu dan specifikasi pelanggan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar