Follow me for TWITTER @TuLIPBerhasil

Follow me for TWITTER @TuLIPBerhasil

Jumat, 29 Mei 2009

TPM #4: "8 Hal Penting dalam aktivitas Changeover"

TPM #4: Pilar ke-1: Fokus pada Workplace Continues Improvement

Bagian 2: “8 Hal Penting dalam aktivitas Changeover (SMED)”



Difinisi Setup Time adalah rentang waktu yang dihitung mulai pada saat terakhir mesin itu memproduksi barang jadi yang berkualitas hingga mampu kembali memproduksi barang yang berkualitas dengan kecepatan normal

Aktivitas Setup dirinci menjadi 4 jenis:

  • PREPARATION, AFTER-PROCESS ADJUSTMENT, AND CHECKING OF RAW MATERIAL, TOOLS, DIES, JIGS, GAUGES,… è Alokasi waktu ~ 30%
  • REMOVING TOOLS USED AND MOUNTING NEW TOOLS è Alokasi waktu ~ 5%
  • POSITIONING, ALIGNING AND SETTING OF TOOLS è Alokasi waktu ~ 15%
  • TRIAL RUNS AND ADJUSTMENTS è Alokasi waktu ~ 50%
Delapan aturan dalam mempercepat Changeover:

1. Mulai dengan 6S (Disiplin Manajemen Tempat Kerja).
  • Pemilahan (Sort), pada alat yang akan dipergunakan dan yang tidak. Hanya alat yang akan dipergunakan yang tersedia didalam box atau lemari atau trolly.
  • Penataan (Set in order), alat kerja yang akan dipakai ditata rapih sesuai dengan tempat dan peruntukannya, sehingga mudah diketahui tersedianya, rusaknya atau hilangnya alat sebelum pekerjaan dilaksanakan.
  • Pembersihan (Shine), alat kerja harus selalu dalam keadaan siap dan bersih untuk dipakai. Kendala mental yang sering ditemui adalah sikap ‘toh nanti kotor lagi…!’ atau ’Namanya juga kerja masa tidak boleh kotor?’. Ubahlah. Sehingga Anda tahu benar bagaimana bersikap dan bekerja dengan benar. Jorok dan Kesan bekerja bersih adalah dua hal yang berbeda.
2. Ubahlah aktivitas internal menjadi external.
Mengapa perlu diubah jenis pekerjaan ini?
Aktivitas Internal adalah berhentinya proses untuk aktivitas changeover. Contoh: Melepas bagian mesin yang terkait dalam proses produksi.
Aktivitas External adalah tetap berjalannya proses meski aktivitas changeover dilakukan. Contoh: Penyiapan alat, dies, tools.

3. Jadikan pekerjaan penyambungan/pemasangan mudah dan cepat (No Bolt & Screw).
Penyambungan dan pemasangan dengan mengunakan baut dan ulir adalah membutuhkan waktu. Jig, Tolls, Fix and Plate adalah solusi bagi percepatan pemasangan. Dengan hanya ’CLICK’ atau tekan, maka penyambungan dengan sendirinya terangkai dengan cepat, tepat dan kuat.

4. Bekerjalah dengan sedikit berpindah dan bergerak.
Perpindahan dan pergerakan adalah pemborosan dan memperlama pekerjaan selesai. Idealnya adalah semua kebutuhan telah ada dan dapat dilakukan tanpa perlu pengulangan pekerjaan serta hemat pergerakan.

5. Pemasangan yang benar tidak membutuhkan Tuning & Adjustment (pengaturan dan setting).
Gunakan bentuk-bentuk Jig & Fix. Dengan klik, geser, dan tekan alat tersebut sudah tepasang dengan aman bagi keselamatan kerja dan mutu produk. Pengarah, celah, kait dan penguncian adalah solusi bagi tepat dan cepatnya pekerjaan setup.


6. Ukur kinerja & petakan kinerja saat ini. Kemudian lakukan perbaikan.
Ukur aktivitas saat ini, rencanakan perbaikan, periksa kembali dan ulangi hingga mendapatkan waktu terpendek bagi Setup time. Buatlah Video aktivitas tersebut, hingga bagian terkecil. Kemudian putar ulang. Pahami. Diskusikan ’Brainstorming’ apa yang dapat disederhanakan dan diperpendek.

7. Buatlah Standard kerja dan pelatihan untuk Changeover.
Dengan visual standard kerja, pelatihan yang dilakukan secara visual dan benar akan mempercepat kepatuhan pada saat implementasi. Kata kuncinya adalah meningkatkan Pengertian dan membangun tanggung jawab atas hasil kerja.

8. Akhiri dengan 6S (Disiplin Manajemen Tempat Kerja).
Kerapihan dan kebersihan diakhir pekerjaan akan memudahkan bagi proses kerja berikutnya. Keuntungan dari kegiatan ini adalah menjaga alat kerja dalam keadaan baik, berfungsi dan bila ditemukan penyimpangan akan memudahkan tindakan koreksi dan perbaikan sehingga meniadakan waktu tunggu pada kegiatan setup berikutnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar