Follow me for TWITTER @TuLIPBerhasil

Follow me for TWITTER @TuLIPBerhasil

Rabu, 22 Juli 2009

TPM #19: Autonomous Maintenance Management System Audit

TPM #19: Pilar ke-2: Autonomous Maintenance [JISHU HOZEN, KOBETSU KAIZEN]

Bagian 6: “ Cara meng-audit Implementasi Autonomous Maintenance”

Audit Harian (Patrol Check List)

PIC: Production Supervisor + Group Leader TPM

Objective: Untuk mengontrol dan memeriksa pelaksanaan Autonomous maintenance

Kegiatan:

  1. Memeriksa keefektifan implementasi Tagging (Melepas tags yang sudah closed, memperlajari trend closing tagging dan update status)
  2. Memeriksa keefektifan implementasi cleaning & inspection
  3. Memeriksa Visual Management dan kedisiplinan dan kepatuhan implementasi

Audit Bulanan

PIC: Group Leader TPM dan Section Manager (Maintenance/Production)

Objective:

Mengukur pencapaian implementasi dan menindak lanjuti temuan Audit harian, sehingga implementasi lebih efektif dan lebih dipatuhi.

Kegiatan:

  1. Memeriksa hasil laporan audit/patrol harian
  2. Mempelajari trend keefektifan kegiatan harian
  3. Menindaklanjuti hal-hal yang belum terselesaikan, problem solving & pembuatan keputusan bagi penghilangan penyebab pemborosan dan ketidak efektifan kegiatan cleaning & inspection
  4. Membuat rekomendasi kepada management, budget plan untuk major cost ( > 1,000 USD)
  5. Mempresentasikan hasil audit harian dan keefektivan pelaksanaan Auntonomous Maintenance, untuk memotivasi kinerja yang lebih baik
  6. Factory visit & Audit berdasar item: finding, open status dan critical point untuk suksesnya implementasi
  7. Mengaudit skill & competencies operator dan melakukan follow up pada temuan gaps-nya

Management Review

PIC: Champion TPM dan Section Manager (Maintenance/Production), dihadirkan Senior Management (Director?)

Objective:

Mempresentasikan keefektifan progress implementasi Autonomous Maintenance dan pencapaian bagi perusahaan (Cost & Saving)

Kegiatan:

  1. Mengukur kontribusi pencapaian (valus $$$) bagi perbaikan biaya operasi (SAVING)
  2. Mengevaluasi pergeseran nilai budaya kerja (Before & After) pada kondisi ditempat kerja
  3. Mengevaluasi dampak produktivitas, pencapaian OEE, nilai keselamatan kerja, index mutu (cost of quality) dan pemenuhan index customer satisfaction (Ontime order fulfillment & customer service level)
  4. Mengevaluasi finding, close finding dan major issue pada temuan audit
  5. Presentasi Corrective, Preventive & Continues Improvement program (termasuk budget cost impact-nya).

1 komentar: