TPM #16: Pilar ke-2: Autonomous Maintenance [JISHU HOZEN, KOBETSU KAIZEN]
Bagian 3: “Bagaimana cara melakukan INITIAL CLEANING”
Tahap #1: PERSIAPAN
Langkah #1, Buatlah daftar persiapan
o Susunlah tim kerja yang akan terlibat langsung mau pun dukungan dalam pelaksanaan aktivitas Tagging, Cleaning, Inspection & Training.
o Buatlah presentasi singkat tentang project kerja Cleaning & Inspection [Ruang lingkup & sasaran yang akan dicapai].
o Buatlah undangan pertemuan.
o Siapkan perlengkapan pembersihan, pemeriksaan dan label tagging.
o Siapkan form check list ’Cleaning & Inspection’.
o Siapkan form untuk catatan list Tagging dan rekomendasi follow up action.
o Kamera (dilengkapi video?).
o SAFETY... Safety.. dan keselamatan kerja.
Langkah #2,
o Lakukan pertemuan dan pastikan seluruh anggota hadir, bila perlu libatkan Atasan atau orang berpengaruh (Manager, Plant Manager, Director???).
o Bahasan difinisi klasifikasi kotoran, pelumasan, pembersihan, pemeriksaan... semakin jelas akan semakin mudah untuk mengklasifikasikan masalah dan area untuk perbaikan...
o Bahasan pembersihan dan inspeksi.. alat penanggulangan.. alat bantu.. agar pekerjaan menjadi mudah dan sederhana.
o Kapan akan dilaksanakan dan oleh siapa?
Tahap #2: Bekerja ’INITIAL CLEANING & INSPECTION
o 30 menit meeting untuk mempromosikan kegiatan ’Cleaning & Inspection’.
o Pelatihan ’Cleanging & Inspection’.
o Persiapkan alat keselamatan kerja
o Persiapkan kesiapan alat ’Cleaning & Inspection’
o Ambilah photo sebelum membersihkan dan bandingkan dengan hasil setelah dibersihkan, buatlah standard baru... hingga mencapai kondisi sempurna dan kotoran tidak kembali lagi.
o Lakukan audit secara berkala.
Tahap #3: VISUALISASI (Visual Factory Management)
o ’TITLE’ judul aktivitas yang dilakukan (Bagian, nama mesin, jenis proses kerja, tanggal, team yang terlibat).
o Gambar Sebelum dan Gambar Sesudah. Bandingkan.. ini motivasi bagi kesempurnaan.
o Catatan Kotoran dan kerusakan (Cleaning & Inspection result).
o Ketahui caranya.. bakukan yang paling tepat dan efektif. Lakukan perbaikan dengan mengadakan pelatihan lanjutan.
o Rencana Audit lanjutan.
o Nilai pencapaian.
o Buat tiga katagori: CLEANING + INSPECTION + KETIDAK SESUAIAN/Kerusakan/Ketidak tepatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar