Follow me for TWITTER @TuLIPBerhasil

Follow me for TWITTER @TuLIPBerhasil

Sabtu, 18 Juli 2009

TPM #16: Langkah kerja INITIAL CLEANING

TPM #16: Pilar ke-2: Autonomous Maintenance [JISHU HOZEN, KOBETSU KAIZEN]

Bagian 3: “Bagaimana cara melakukan INITIAL CLEANING”



Tahap #1: PERSIAPAN

Langkah #1, Buatlah daftar persiapan

o Susunlah tim kerja yang akan terlibat langsung mau pun dukungan dalam pelaksanaan aktivitas Tagging, Cleaning, Inspection & Training.

o Buatlah presentasi singkat tentang project kerja Cleaning & Inspection [Ruang lingkup & sasaran yang akan dicapai].

o Buatlah undangan pertemuan.

o Siapkan perlengkapan pembersihan, pemeriksaan dan label tagging.

o Siapkan form check list ’Cleaning & Inspection’.

o Siapkan form untuk catatan list Tagging dan rekomendasi follow up action.

o Kamera (dilengkapi video?).

o SAFETY... Safety.. dan keselamatan kerja.


Langkah #2,

o Lakukan pertemuan dan pastikan seluruh anggota hadir, bila perlu libatkan Atasan atau orang berpengaruh (Manager, Plant Manager, Director???).

o Bahasan difinisi klasifikasi kotoran, pelumasan, pembersihan, pemeriksaan... semakin jelas akan semakin mudah untuk mengklasifikasikan masalah dan area untuk perbaikan...

o Bahasan pembersihan dan inspeksi.. alat penanggulangan.. alat bantu.. agar pekerjaan menjadi mudah dan sederhana.

o Kapan akan dilaksanakan dan oleh siapa?


Tahap #2: Bekerja ’INITIAL CLEANING & INSPECTION

o 30 menit meeting untuk mempromosikan kegiatan ’Cleaning & Inspection’.

o Pelatihan ’Cleanging & Inspection’.

o Persiapkan alat keselamatan kerja

o Persiapkan kesiapan alat ’Cleaning & Inspection’

o Ambilah photo sebelum membersihkan dan bandingkan dengan hasil setelah dibersihkan, buatlah standard baru... hingga mencapai kondisi sempurna dan kotoran tidak kembali lagi.

o Lakukan audit secara berkala.

o Lakukan Briefing Mingguan dan Evaluasi keberhasilan pembersihan dan inspeksi mesin yang telah dilakukan.

Tahap #3: VISUALISASI (Visual Factory Management)

o ’TITLE’ judul aktivitas yang dilakukan (Bagian, nama mesin, jenis proses kerja, tanggal, team yang terlibat).

o Gambar Sebelum dan Gambar Sesudah. Bandingkan.. ini motivasi bagi kesempurnaan.

o Catatan Kotoran dan kerusakan (Cleaning & Inspection result).

o Ketahui caranya.. bakukan yang paling tepat dan efektif. Lakukan perbaikan dengan mengadakan pelatihan lanjutan.

o Rencana Audit lanjutan.

o Nilai pencapaian.

o Buat tiga katagori: CLEANING + INSPECTION + KETIDAK SESUAIAN/Kerusakan/Ketidak tepatan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar