Follow me for TWITTER @TuLIPBerhasil

Follow me for TWITTER @TuLIPBerhasil

Rabu, 22 April 2009

KAIZEN BLITZ = KAIZEN EVENT


“KAIZEN = Berubah menjadi lebih baik. Hal-hal kecil yang SEDERHANA tetapi dilakukan dengan cara LUAR-BIASA maka hasilnya adalah ke-DAZYATAN bagi hasil akhir.”

Tujuan dari kegiatan KAIZEN BLITZ adalah Mengunakan pemikiran-pemikiran inovatif, terobosan-terobosan, tidak terbatas untuk menghilangkan pemborosan atau aktivitas yang tidak memiliki nilai tambah.


Peran Senior manajemen dalam kegiatan KAIZEN BLITZ:

  • Memperkenalkan Kaizen Blitz sebagai metoda meraih pencapaian
  • Memberikan dukungan dan pengarahan
  • Menetapkan kebijakan dan sasaran mutu
  • Menyebarkan cerita sukses penerapan Kaizen Blitz
  • Membuat system prosedure yang kondusif bagi perkembangan kegiatan Kaizen Blitz

Peran Manajemen Madya dalam kegiatan KAIZEN BLITZ:

  • Menyebar luaskan pengetahuan dan implementasi Kaizen Blitz
  • Menceritakan kisah sukses Kaizen Blitz
  • Mengunakan Kaizen Blitz dalam problem solving (PACRIM)
  • Perilaku kerja berdasar metoda Kaizen Blitz
  • Membantu dan mendukung karayawan dalam pencapaian hasil kerja yang maksimal

Peran para Supervisor dalam kegiatan KAIZEN BLITZ:

  • Mengunakan Kaizen Blitz sebagai alat dalam bekerja dan problem solving (PACRIM)
  • Memformulasikan sistem kerja dengan menggunakan pendekatan Kaizen Blitz
  • Mendukung seluruh sel kerja dalam pecapaian yang lebih baik
  • Memberikan saran guna peningkatan sempurna

Peran Karyawan (Operator) dalam KAIZEN BLITZ adalah sangat menentukan:

  • Terlibat dan bersungguh-sungguh aktif dalam mengunakan metoda Kaizen Blitz
  • Mempraktikan sikap kerja disiplin
  • Mengunakan PACRIM dan Kaizen Blitz dalam problem solving
  • Meningkatkan keahlian dan kemampuan dalam bekerja
  • Selalu memperbaiki system kerja dan prilaku kerja menjadi lebih baik dan sempurna

PEMAHAMAN dan PENGERTIAN mendasar yang penting dan KAIZEN BLITZ adalah:

  • Quality è Artinya: Product langsung lolos ke seksi berikutnya (Zero DEFECT & REWORK)
  • Productivity è Artinya: Tidak ada waste movement, problem diatasi segera & selesai
  • Lead time è Artinya: Tidak ada waktu tunggu dan flexible dalam pemenuhan permintaan pelanggan
  • Team works è Artinya: Menampilkan nilai perilaku kerja mandiri dalam menopang kinerja tim yang efektif
  • Cost è Artinya: Tidak ada penumpukan inventory & WIP (JUST IN TIME)

“Zero Defect Zero Inventory Zero Setup Zero Breadown Zero Handling”


Aturan main dalam KAIZEN BLITZ:

1. Berfikir terbuka dan tidak membatasi

2. Berfikir dan bertindak positif

3. Ciptakan suasana kerja yang aman dan nyaman

4. Besikap saling menghargai dan mendukung

5. Semua orang memiliki kekutan suara yang sama (tidak ada yang lebih benar)

6. Setiap orang adalah penyangga dan berperan dan berpartisipasi aktif

7. Ambil tindakan tidak cuma sekedar wacana dan rencana

8. Tidak untuk menyerang dan menyalahkan

9. Mencari solusi terbaik dan Jangan cepat mengambil kesimpulan... 5xWHY + HOW?

10. Memberikan yang terbaik

11. Tanyakan kepada ahlinya bila perlu

12. JUST DO IT… !!!

UTAMAKAN TINDAKAN è LOW EFFORT & HIGH IMPACT

PENDEKATAN PROBLEM SOLVING è PDCA = DMAIC = PACRIM

Analisa setiap variasi untuk mencapai kesempurnaan:

ü Variasi = WASTE

ü Terbuka untuk melihat, mendengar dan beda pendapat

ü Simpulkan yang memberikan impact pada Quality, Cost dan Time Delivery

ü Lakukan perbaikan pada prioritas CTQ ~ Konsumen

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar