Apa itu Value Stream Mapping?
ü Value stream map
Presentasi visual yang menampilkan diagram aliran material, proses dan informasi dari mulai RM s/d FG
ü Adding value
Aktivitas tambahan yang memberikan nilai tambah bagi konsumen dan dihargai/dibayarkan (85% NVA + 15% VA)
ü Value stream
Tahapan proses kerja dalam perusahaan (business proses) untuk mencapai kepuasan dan kebutuhan pelanggan
Persepsi dan Harapan sebagai Pelanggan:
ü Quality at the first
ü Price is affordable
ü Flexible payment
ü Quick & speed
ü Instantaneous fulfillment
ü NO Risk
ü Ability to instantly ramp
ü Ability to instantly manage
ü More and services
Persepsi dan Harapan sebagai Pemasok:
ü Perfect forecast
ü NO Risk
ü High margin
ü Fast cash
ü Reuse of facilities & tooling
ü Postponement of customization until the last process
ü Stability of demand
Bisnis commercial adalah mengedepanakan prinsip bertemunya kedua perbedaan dengan memberikan keuntungan bagi keduanya.
Contoh dibawah adalah Pelayanan disebuah Rumah Sakit, RUMAH SAKIT = HOPITAL yang seharusnya mengedepakan prinsip-prinsip kemanusiaan dan HOSPITALITY, namun pada kenyataannya adalah sebaliknya.
BAGAIMANA dengan pekerjaan Anda?
Pernahkan anda menemukan pemborosan seperti pada prinsip MUDA? Apa sikap Anda?
Berdasarkan definisi diatas, saya ingin menanyakan apakah suatu proses alokasi barang jadi itu termasuk value added ata non value added? Mohon penjelasannya.
BalasHapusTerima kasih
Berdasarkan definisi diatas, saya ingin menanyakan apakah suatu proses alokasi barang jadi itu termasuk value added ata non value added? Mohon penjelasannya.
BalasHapusTerima kasih
Ibu Fitriyah,
BalasHapusBila proses alokasi itu diperlukan dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan, maka jawabannya adalah VALUE ADDED. Tetapi bila tidak, maka NON-Value added.
Namun pada kenyataannya dalam proses kerja ada kegiatan yang berada pada posisi 'grey area' maka tugas kita adalah meminimalkan jarak dan waktu kerja.
Secara sederhana, value added ditentukan oleh prinsip: bila hal ini dilakukan apakah akan memberikan nilai tambahan bagi pelanggan? Bagaimana bila proses kerja ini dihilangkan? Apa yang terganggu? Bagaimana agar tidak terganggu? Bagaimana cara menyederhanakannya? Bagaimana menjadikannya lebih ekonomis?
Semoga bermanfaat
Terimakasih sharing ilmu yg baik ini.....
BalasHapus