Follow me for TWITTER @TuLIPBerhasil

Follow me for TWITTER @TuLIPBerhasil

Sabtu, 31 Januari 2009

TOYOTA PARADOX

TOYOTA PARADOX

From TOYOTA Way
Kami memberi nilai yang tertinggi pada implementasi dan tindakan nyata. Banyak hal yang tidak dimengerti orang dan oleh karena itu, kami bertanya kepada mereka mengapa mereka tidak terus maju saja dan bertindak; mencoba melakukan sesuatu? Anda akan menyadari betapa sedikitnya yang Anda ketahui dan Anda akan berhadapan dengan kesalahan Anda sendiri. Anda dapat memperbaiki kesalahan tersebut dan melakukannya lagi, dan pada percobaan kedua, Anda akan menemukan kesalahan lain, atau hal lain yang tidak Anda inginkan sehingga Anda kemudian melakukannya sekali lagi. Jadi dengan perbaikan secara konstan atau, seperti yang saya katakan, dengan melakukan perbaikan atas tindakannya, seseorang dapat meningkatkan dirinya hingga mencapai tingkat praktik dan pengetahuan yang lebih tinggi.
—Fujio Cho, President Toyota Motor Corporation/2001(from the Toyota Way document, 2001)
“Orang yang lebih sedikit, Persediaan yang lebih kecil, Mobil dengan kualitas tertinggi dengan cacat yang paling rendah dari semua produsen mobil...”
TOYOTA adalah sebuah paradox bagi industri automotif.
TOYOTA mampu menulis dan menyihir para praktisi 'Best Practice Manufacturing' atau praktisi Industrial dengan TOYOTA Way-nya.
Ada HONDA Way, 3M Way, HP Way... “Way” siapa yang paling handal? Perusahaan mana yang mampu menularkan Best Practice-nya bagi perusahaan lain? Jawabnya adalah TOYOTA.

Jadi boleh disimpulkan bahwa TOYOTA adalah tempat baru kita untuk belajar, menjadi bahan diskusi dan yang terpenting adalah menjadikan tempat kerja kita menjadi sawah dan lading mata pencaharian yang subur dan penuh berkah.

TOYOTA adalah Sebuah PARADOX. Mengapa demikian? Ini buktinya..!
Dipabrik-pabriknya diseluruh dunia, TOYOTA secara konsisten meningkatkan standar kualitas untuk manufaktur, pengembangan produk dan keunggulan proses. Hasilnya adalah cerita sukses bisnis yang luar biasa. Banyak hal dari TOYOTA yang dipelajari khusunya bagaimana TOYOTA menciptkan lingkungan kerja yang kondusif bagi pencapaian kerja tinggi dan teknik-teknik produktifitas yang handal dan teruji.

From TOYOTA Way

From TOYOTA Way

Apakah benar TOYOTA yang terbaik dibidangnya:


From TOYOTA Way

From TOYOTA Way

Hal-hal apa yang dapat kita kenali diorganisasi bisnis TOYOTA:

  • Menumbuhkan atmosfer peningkatan dan pembelajaran berkelanjutan
  • Memuaskan pelanggan sekaligus menghilangkan pemborosan
  • Menomorsatukan kualitas sedari awal proses (bahkan perencanaan merupakan prioritas untuk mencapai hasil yang sempurna)
  • Mendidik pemimpin dari dalam dan bukan merekrutnya dari luar
  • Mengajar semua karyawan untuk menjadi pemimpin di area kerjanya, sekaligus pemecah masalah
  • Tumbuh bersama dengan pemasok dan mitra demi keuntungan bersama

Mengapa keadaan saat ini diorganisasi kita perlu berubah?
Jawabannya:
Mengapa tidak? Bila bisa menjadi lebih baik, lebih subur, lebih sabar, lebih berkah karena Perusahaan kita memiliki daya saing yang Fantastis dan selalu tumbuh bersama pekerja-nya.

Perusahaan yang sama dengan kita biasa-biasa saja, bahkan kita terbaik dibidangnya. TOYOTA itu perusahaan Automotive. Belum tentu apa yang baik bagai mereka baik buat kita?
Jawabannya:
Mengapa harus sama? Berbeda menjadi lebih baik, bukankah itu adalah anugrah? Kita hanya membutuhkan sedikit usaha mencapainya. Yaitu, geser sedikit cara pandang kita. Maka kita akan sampai pada ‘Kemungkinan adanya dan terjadinya’, Selanjutnya percayakan pada ‘Proses Pengertian, Imajinasi dan Daya Kreasi’ yang Tuhan telah berikan kepada kita semua. Perusahaan-perusahaan ini pun pada mulanya meragukan kemampuannya. Manusia di dalam Organisasi-lah yang mengubahnya.

From TOYOTA Way

Buktinya TOYOTA atau HONDA, saat ini terkena krisis? Apa itu bukti bahwa mereka perusahaan terbaik?
Jawabannya:
Bagaimana nasib perusahaan lain yang dikelasnya, misalnya Nissan, General Motor, Mitshubitsi? Bandingkan ketahanannya dibanding TOYOTA? Prinsipnya adalah bagaimana mempertahankan daya saing yang berkelanjutan bagi Pemilik Modal dan Para Karyawannya, tentunya untuk jangka panjang.

From TOYOTA Way

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar